Anggota Komisi A Provinsi Jatim, Ferdians Reza Alvisa: Program Kades Lawas Wujud Pencegahan Korupsi di Desa

indonesiasatu, 06 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BLITAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur Komisi A, Ferdians Reza Alvisa, menghadiri penyerahan penghargaan Maturitas Sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) level 3 dan pembukaan program Kawal Desa Melalui Pengawasan dan Klinik Desa Kerja Sama Inspektorat Provinsi Jatim dan Inspektorat Kabupaten Blitar, Kamis (6/2/2020).

Menurut politisi dari Partai Gerindra ini mengatakan, Inspektorat Provinsi Jawa Timur telah meluncurkan Klinik Kades Lawas (Kawal Desa melalui Pengawasan). Program ini dibuat untuk mengawal dan mengawasi aliran dana desa.

"Inspektorat Provinsi Jawa Timur gandeng Pemerintah Kabupaten Blitar membangun program klinik konsultasi Kawal Desa Melalui Pengawasan (Kades Lawas). Program tersebut dimaksudkan sebagai sarana klinik konsultasi pengelolaan bantuan keuangan desa," Terangnya.

Lebih lanjut Anggota Komisi A ini mengatakan, program Kades Lawas ini dibuat menyusul adanya beberapa Kepala Desa yang bermasalah dalam hal pengelolaan dana desa. Hal ini disinyalir kurangnya pengetahuan pemerintahan desa tentang pengelolaan keuangan desa, baik dalam hal perencanaan maupun pertanggunjawaban keuangan desa.

"Kendala seperti ini bisa ditangkal melalui program Kades Lawas, sehingga amanah yang di emban oleh Kepala Desa bisa dijalankan dengan baik. Dalam hal pengelolaan keuangan desa bisa dimanfaatkan dengan baik tanpa adanya sandungan hukum serta mewujudkan pencegahan korupsi," Tandas Ferdians Reza Alvisa.

Sementara itu Bupati Blitar, Rijanto setelah menerima penghargaan mengatakan, Maturitas SPIP merupakan evaluasi yang dilaksanakan BPKP kepada daerah-daerah dalam hal tata kelola pemerintahan.

"Kabupaten Blitar mendapat penghargaan Maturitas SPIP karena dianggap taat aturan dalam mengelola anggaran. Sehingga pengelolaan anggaran berjalan dengan baik dan efisien," Jelas Bupati Blitar Rijanto.(T0N)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu